Advertise

 
Thursday, December 26, 2019

DARI SEORANG KARYAWAN CAFFE, PEMUDA ASAL LHOKSEUMAWE INI BERHASIL MENJADI PENGUSAHA MINUMAN MILENIAL

0 comments




        Aceh tepatnya di kota Lhokseumawe telah banyak lahir pengusaha muda  yang sukses dalam usaha mereka.Blastsreet salah satu usaha minuman kekinian yang telah sukses membius anak-anak muda disekitar  kota bahkan diluar kota Lhokseumawe.Minuman ini diproduksi oleh seorang pengusaha muda yang bernama Muhammad Fahmi yang berkelahiran dikota Lhokseumawe,29 Januari 1996.Awal mula kariernya terbentuk,  saat ia bekerja di suatu cafe tepatnya di kota Banda Aceh.Setelah ia tamat SMA pada tahun 2013.
Memasuki tahun 2016 ia pun brangkat ke kota Banda Aceh untuk bekerja disuatu café dan tepatnya ia bekerja sebagai waiters selama tujuh bulan lamanya.Fahmi pun  resign ke café lain karena ia jenuh sebagai waiters.Pemuda asal kota Lhoksemawe ini ingin mencoba menjadi bartender di suatu café Banda Aceh dan alhamdulillah ia pun diterima di café tersebut sebagai bartender selama kurang lebih dua bulan lamanya.
Setelah banyak pengalaman yang ia dapat,pemuda ini kembali ke kota asalnya untuk membuka usahanya sendiri.Walaupun ia dari keluaraga sederhana tidak dipungkiri untuk membuka café nya sendiri.Dan juga inspirasi yang ia dapat ketika ia bekerja sebagai bartender karena menurutnya bartender tersebut adalah basic nya.
Saat membuka usaha ini ia tidak ada modal sepersen pun,sehingga pemuda kelahiran 1996 memberanikan diri untuk menjual handphone nya sendiri untuk bisa membuka usahanya.Sehingga uang yang ia dapat dari menjual handphone nya sekitaran Rp700.000,walaupun modal yang ia peroleh hanya sedikit tidak membuat tekadnya mundur untuk membuka usaha.


Nah,nama blastsreet itu sendiri muncul dari ide pemuda asal kota lhokseumawe ini. Blast yang artinya ledakan karena hal ini adalah keputusan sulit yang pernah ia ambil,hal ini karena kurangnya modal.Sedangkan nama sreet itu sendiri karena ia berjualan dipinggiran jalan.Setelah ia menggabungkan ke dua nama tersebut menjadi sebuah nama yang akan menerobos sesuksesan barunya.
Pemuda asal kota lhokseumawe ini membuka usahanya pada tahun 2017 tepatnya pada bulan puasa.Setelah beberapa bulan membuka usaha kecil-kecilannya dan alhamdulillah ia telah bisa membuat gerobak minumannya sendiri.Nah,walaupun Fahmi kekuranggan modal dalam usaha blastsreet ini ia tak ingin menyewa tempat orang lain ,dia hanya memanfaatkan teras rumahnya sendiri.
Kemudian ia berpindah  didepan SMA 1 kota Lokseumawe. Ada banyak kesulitan dan tantangan saat awal mula  membuka usaha blastsreet ini karena minuman ini termasuk produk baru yang ada di kota Lhokseumawe sehingga banyak yang tak mengetahui minuman ini.Tetapi lambat-laun semakin meningkat konsumen yang tertarik pada blastsreet..Setelah itu, blastsreet pindah lagi ke Jln.Darussalam depan SMP 2 kota Lhoksemawe.
Setelah minumannya terkenal ia beringinan memperluas usahanya.Dari situ dia merekrut beberapa orang untuk bekerja dengan pemuda satu ini.Cara yang ia lakukan dengan membuat iklan di media sosial.Dan banyak yang bekerja dengannya.
Setelah lama ia merintis karier nya semakin terkenal pula minumannya.Dalam mempromosikan minumannya ia memanfaatkan media sosialnya ,sehingga banyak pengunjung yang datang ke blastsreet itu sendiri.
Pemuda asal kota Lhoseumawe ini semakin memperluas usaha minumannya dengan membuka cabang di kota Banda Aceh.
Target dari blastreet ini adalah pemuda melianial.Bukan hanya anak muda yang menjadi target mereka,tetapi dari semua kalangan karena varian rasa yang diberikan bukan hanya soda tapi susu dan cokelat juga disediakan di blastsreet itu sendiri.
Nah,membahas varian rasa yang diberikan oleh blastreet ini sendiri begitu banyak mulai dari chocolate delight,taro,tiramisu,green tea,stawberry,melon cola,dan masih banyak lagi varian rasanya.Tetapi minuman yang  menjadi target konsumen dari blastsreet itu sendiri adalah chocolate bubble karena varian rasa ini unik dan berbeda dari minuman yang lainnya.
Varian rasanya yang dibuat oleh blastreet bertambah menu-menu baru atau bisa dibilang memperbaruhui rasanya sehingga membuat pelanggan yang membeli tidak menjadi bosan dan juga ingin mencoba menu baru dari blastreet.
Harganya pun sesuai dengan kantong anak-anak muda itu sendiri,mulai dari Rp8000 hingga Rp15.000-an.Jadi anak sekolah pun mampu untuk membeli minuman blastreet ini.
Walaupun usahanya semakin meningkat ia tidak pernah sombong dalam kesehariannya karena menurutnya semua ini adalah titpan dari Allah.
Dan pemuda yang kelahiran 1996 berpesan kepada pemuda yang ingin membuka usaha tetapi takut untuk memulainya,”jangan takut untuk memulai sesuatu,jangan takut untuk rugi dan gagal karena semua itu awal mula kesuksesaan”.Jadi,awali dengan niat dan kuatkan pada usaha kalian,tidak ada kesuksesaan tanpa kesulitan.
 
republikkom © 2014 | Designed By Blogger Templates